Supaya Kesehatan Mental Anak Kuat

Anda mau membesarkan anak berpendidikan tinggi tapi mentalnya hancur? Atau maukah Anda membesarkan anak berpendidikan tinggi dengan kesehatan mental yang kuat, percaya diri dan bisa menerima nasehat baik?
Kalau jawab Anda “ya” untuk pertanyaan kedua maka semoga kisah nyata hipnoterapi ini bisa membuka hati Anda.

Klien ini berusia sekitar 30 tahun. Dia lulusan S2. Dia datang ke klinik hipnoterapi saya karena dia sering takut, tidak percaya diri dan tidak bisa terima nasehat. Efeknya dia suka sakit kepala dan jantung terasa sakit jika dikritik orang.

Suaminya berkomentar, “Kamu pintar dengan pendidikan tinggi tapi kenapa kamu sangat tidak percaya diri? Malah selalu menundukkan kepala. Padahal potensimu besar.”

Apa yang menjadi penyebab seseorang yang telah sekolah tinggi tapi memiliki mental yang tidak percaya diri? Sungguh sayang pengorbanan materi dan tenaga yang telah dilalui tapi menjadi sia-sia karena mental yang tidak percaya diri.

Di sesi hipnoterapi, klien itu menemukan penyebab mentalnya tidak kuat.
Penyebabnya terjadi di masa kecilnya. Cara didik orang tuanya membuat dia memiliki mental yang tidak percaya diri. 

“Aku minta tolong kalau mama sayang sama aku, tolong tunjukkan sama aku.”

“Mama marah terus. Rasanya tidak enak, ma.”
“Aku sudah berusaha sempurna seperti yang mama minta. Jangan dimarahin terus. 
Mama coba jadi aku, mama pasti tidak mau diperlakukan seperti ini.”

“Aku cuma minta itu saja. Terima aku apa adanya.”

Cara didik mamanya yang penuh emosi dan marah-marah jika anaknya tidak bisa sempurna, mengakibatkan hancurnya kesehatan mental anaknya. Efeknya anak tersebut tidak bisa berfungsi baik karena tidak percaya diri seumur hidupnya.

Kepada orang yang tidak percaya diri maka semua pendidikan, keterampilan, ilmu pengetahuan dan berbagai talenta akan sia-sia seperti menanam bibit unggul di tanah beraspal.
Mental yang kuat dan percaya diri ibarat tanah yang subur. Berbagai bibit bisa ditanam dan menghasilkan buahnya.

Tips untuk membesarkan anak yang memiliki kesehatan mental yang kuat dan percaya diri:
– Pujian lebih baik daripada kritik. Pujilah anak Anda saat dia berprestasi. Berikan motivasi bukan kritik ketika anak belum mencapai tujuannya.
– Terimalah anak Anda apa adanya. Anda sendiri juga mau diterima apa adanya dan tetap dicintai bukan? Ada anak pintar, ada yang kurang pintar, ada yang pendiam, ada yang aktif, dll. Terimalah anak Anda dan tetap mencintainya.
– Anak yang mengalami abuse atau kekerasan verbal (makian dll) atau fisik akan memiliki kesehatan mental yang buruk seumur hidup.
– Kalau Anda tetap tidak bisa menerima anak Anda apa adanya, mungkin Anda sendiri punya issue atau problem di alam bawah sadar Anda. Pergilah ke hipnoterapis.
– Jika Anda punya masalah emosi sehingga marah-marah terus ke anak Anda, daripada menyesal di kemudian hari, lakukan hipnoterapi di klinik hipnoterapi untuk diri Anda dan anak Anda.

Nathalia Sunaidi, C.Ht

3 thoughts on “Supaya Kesehatan Mental Anak Kuat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *